Kelas: 2KA23
NPM: 12116799
BAB 1 Sejarah Perkembangan Sistem Teknologi Informasi
Perkembangan sistem
informasi dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu sendiri
sampai akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi IT/Information Technology.
Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding,
prasasti-prasasti, sampai informasi yang kemudian dikenal dengan
nama internet. Informasi yang dikekola dan disampaikan juga terus
dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar menggambarkan
suatu keadaan, sampai pada informasi strategis seperti taktik bertempur. Memperhatikan perkembangan
informasi tersebut, kita akan mempelajari secara singkat sejarah teknologi
infomasi dalam upaya untuk mendapatkan keutuhan ilmu dan pengetahuan tentang
teknologi informasi. Sejarah teknologi dapat kita bagi ke dalam masa
pra-sejarah, masa sejarah, dan masa modern.
Teknologi
informasi merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras hardware dan perangkat lunak software. Pengembangan
teknologi hardware cenderung menuju ukuran yang kecil dengan kemampuan serta kapasitas
yang tinggi. Namun diupayakan harga yang relatif semakin murah.
Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan
berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat sehingga
dapat meningkatkan produktivitas kerja. Perkembangan teknologi informasi telah
memunculkan berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi, seperti
: e-government, e- commerce, e-education,
e-medicine, e-laboratory, dan lainnya, yang
kesemuanya itu berbasiskan elektronika.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk
mengolah data, meliputi : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,
memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang
berkualitas. Informasi yang dibutuhkan akan relevan, akurat, dan tepat waktu,
yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan yang strategis
untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer
untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan
komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
Dengan ditunjang teknologi informasi telekomunikasi data
dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh
aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan
pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani.
Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis,
dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu
dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu,
negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat
bertukar pikiran. Perkembangan teknologi informasi memacu suatu cara baru
dalam kehidupan, dari kehidupan itu dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan
seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh
berbagai kebutuhan secara elektronik. Sehingga sekarang sedang semarak dengan
berbagai terminologi yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi
yang berbasis elektronika.
Ekonomi global juga mengikuti evoluasi dari agraris dengan ciri
utama tanah merupakan faktor produksi yang paling dominan. Melalui penemuan
mesin uap, ekonomi global ber-evolusi ke arah ekonomi industri dengan ciri
utama modal sebagai faktor produksi yang paling penting. Abad sekarang,
cenderung manusia menduduki tempat sentral dalam proses produksi berdasar pada
pengetahuan (knowledge based) dan berfokus pada informasi (information focused). Telekomunikasi dan
informatika memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology). Perkembangan
teknologi informasi yang begitu pesat, memungkinkan diterapkannya
cara-cara yang lebih efisien untuk produksi, distribusi, dan konsumsi barang
dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam masyarakat atau ekonomi
informasi sering disebut sebagai masyarakat pasca industri. Pada era informasi
ini, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor penentu dalam
hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga dunia ini menjadi
suatu kampung global atau Global Village.
B. Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer Generasi Pertama
Perangkat komputer yang pertama kali
dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan
yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang
Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut
mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.
Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah
CPU. Ya, central processing unit yang terdapat dalam komputer
generasi I merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh
sistem dalam komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer
generasi pertama adalah “machine language”.
Komputer Generasi Kedua
Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua
ini. Adalah transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer
dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan
komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer
generasi kedua. Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta
pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti
dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi
kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.
Komputer Generasi Ketiga
Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer
lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan.
Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian.
Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan
transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated
Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu. Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih
kecil. Pun, pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem
operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.
Komputer Generasi Keempat
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan
chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration
mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip
tunggal dapat menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal
computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke
sektor perorangan. Tak berhenti sampai disitu, muncullah perangkat komputer
yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.
Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima adalah yang saat ini
tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima
kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil adalah
munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi.
Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa
harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi menggunakan otak.
C. Perangkat Komputer
1. Processor
Processor merupakan
sebuah chip yang berfungsi untuk memproses data yang di inputkan pada komputer,
komponen CPU ini sangat penting dan utama, jadi apabila processor mengalami
masalah maka CPU tidak akan bisa digunakan.
2. Memori RAM
Memori merupakan komponen
CPU yang berfungsi untuk penyimpanan sementara data - data yang akan diproses.
Apabila komputer dimatikan data - data yang disimpan dalam memori RAM akan
hilang.
3. Motherboard
Komponen CPU yang satu
ini berfungsi sebagai papan sirkuit untuk menghubungkan komponen - komponen
yang lainnya. Motherboard sendiri memiliki memori ROM yang berfungsi untuk
menyimpan program - program utamanya.
4. Power Supply
Komponen CPU ini
berfungsi mendistribusikan arus listrik ke beberapa komponent yang ada dalam
CPU, jadi Power Supply sangat penting keberadaannya. Ada beberapa jenis Power
Supply yang beredar di pasaran yaitu AT, ATX dan BTX.
5. Heatsink / Kipas Pendingin
Komponen CPU yang satu
ini berfungsi untuk mendinginkan suhu processor dan juga komponen CPU yang
lainnya, Biasanya Heatsink pada processor dipasang melakat pada processor itu
sendiri, sementara untuk mendinginkan komponen CPU yang lain menggunakan
Heatsink yang terpasang pada Casing CPU.
6. Video Graphic Adapter
Video Graphic Adapter
atau disebut juga dengan VGA Card berfungsi untuk mengelola data grafis
komputer yang nantinya ditampilkan pada perangkat komputer Monitor. Komponen yang
satu ini memiliki sebuah chip processor tersendiri yang disebut dengan Graphic
Processing Unit.
7. Sound Card
Sound Card berfungsi
untuk mengelola data audio yang nantinya akan di keluarkan lewat perangkat
keras komputer speaker. Sama seperti VGA Card, Sound Card juga memiliki Chip
khusus di dalamnya. Komponen ini sebenarnya adalah pelengkap dari komponen -
komponen yang ada pada CPU.
8. LAN Card
LAN Card merupakan
perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan sebuah komputer ke dalam sebuah
jaringan, komponen ini memiliki jenis yang beragam, hal ini tergantung dari
media transmisi yang digunakan. Ada yang menggunakan kabel atau media
gelombang.
Perangkat Komputer Input
Fungsi perangkat komputer
yang satu ini adalah memasukan data - data yang akan di proses dalam sebuah
komputer, Ada bermacam - macam perangkat komputer yang tergolong dalam
perangkat input diataranya adalah sebagai berikut.
1. Keyboard
Keyboard merupakan
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk media inputan yang berbentuk
papan kunci. di dalam Keyboard sendiri terdapat deretan tombol huruf, angka,
simbol dan tombol perintah yang lain. Jenis - jenis keyboard sendiri ada
beberapa macam diatanya keyboard Alphabetik, keyboard Numeric, keyboard
DVORAK, keyboard QWERTY, keyboard KLOCKENBERG dan keyboard Maltron.
2. Mouse
Mouse merupakan perangkat
keras komputer input yang berfungsi sebagai media penggerak kursor pada
komputer. perangkat keras komputer yang satu ini memiliki bentuk seperti tikus,
itu sebabnya perangkat komputer ini dinamakan mouse.
3. Microphone
Microphone merupakan
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukan data audio pada
komputer, perangakat komputer yang satu ini kebanyakan digunakan untuk
keperluan Multimedia.
4. Scanner
Scanner merupakan
perangkat komputer yang berfungsi untuk memasukan data gambar pada komputer,
perangkat ini memiliki prinsip kerja merubah bentuk hard file menjadi soft
file.
5. WebCam
WebCam merupakan
perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pengambil data foto maupun
video dan dimasukan dalam komputer untuk di proses. ada banyak sekali model
Webcam di pasaran dan yang membedakan disini adalah kualitas gambar atau video
yang dihasilkan.
6. Optical Drive
Optical Drive merupakan
perangkat komputer yang berfungsi untuk membaca dan menulis data dalam media CD
/ DVD. Perangkat komputer yang satu ini ada beberapa jenis yaitu CD ROM drive,
CD RW drive, DVD ROM drive dan DVD RW drive.
7. Modem
Modem merupakan perangkat
komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan, Untuk menghubungan
komputer dengan modem komputer menggunakan LAN Card yang terpasang pada
motherboard.
Perangkat Komputer Output
Fungsi perangkat keras
komputer output yaitu menampilkan atau mengeluarkan hasil data yang sudah di
proses oleh CPU. Perangkat komputer yang tergolong dalam perangkat output ada
banyak sekali, diataranya adalah sebagai berikut :
1. Monitor
Monitor merupakan
perangkat keras komputer yang masuk dalam perangkat output, Monitor berfungsi
untuk menampilkan hasil data yang diolah oleh komputer dalam bentuk grafis
digital. belakangan ini perkembangan monitor sendiri sangar tajam, dan di
pasaran sendiri ada beberapa macam jenis monitor diataranya, Monitor CRT,
Monitor LCD dan Monitor LED.
2. Printer
Printer merupakan
perangkat keras komputer yang juga tergolong dalam perangkat output, Printer
berfungsi untuk mencetak data yang sudah di proses oleh komputer kedalam media
kertas. Beberapa jenis printer yang ada di pasaran antara lain, printer dot
metrik, Printer Desk Jet, Ink Jet, dan juga Bubble Jet dan Printer Laser Jet.
3. Speaker
Speaker merupakan
perangkat komputer output yang berfungsi untuk mengeluarkan data suara yang
telah di proses oleh komputer. Untuk dapat dihubungkan dengan komputer, Speaker
membutuhkan media khusus yang di sebut dengan Soud Card.
Perangkat Komputer Penyimpan / Storage
Fungsi perangkat komputer
yang satu ini adalah menyimpan data yang akan di proses dan juga setelah di
proses oleh CPU. Beberapa perangkat komputer yang tergolong dalam media
penyimpan antara lain :
1. Hard Disk
Hardisk merupakan sebuah
komponen perangkat komputer yang berfungsi menyimpan sistem operasi, aplikasi
dan juga data - data dokumen yang lain.
2. Flash Disk
FlashDisk merupakankan
perangkat komputer yang berguna untuk menyimpan data dari komputer, perangkat
ini juga dapat disebut dengan USB Drive, Pocket Drive, Pen Drive atau
Microdisk. Dipasaran ada banyak sekali jenis FlashDisk dengan berbagai macam
kapasitas penyimpanan.
3. Disket
Perangkat penyimpanan
komputer yang satu ini mempunyai funsi seperti layaknya Hard Disk akan tetapi
terbatas sekali kapasitas penyimpanannya, jadi perangkat komputer yang satu ini
mulai ditinggalkan.
D.
Pemanfaatan Sist/IT
Manfaat IT Untuk
Bisnis dan Perusahaan
1.
IT dapat memperluas pangsa pasar.
2.
IT dapat meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
3.
IT dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.
4.
IT dapat memberikan keunggulan kompetitif.
5.
IT dapat memberikan peluang bisnis baru.
Manfaat IT untuk
Kehidupan Sehari Hari
Dalam kehidupan sehari hari IT memang memegang peranan
penting tidak mengenal dan ada batasan usia, IT menjadi suatu hal yang harus
dan menjadi kebutuhan pokok semua individu. IT menjadi bahan utama dalam
berbagai kegiatan apapun seperti perkuliahan, belajar mengajar, dan kegiatan
lainnya. Berikut adalah berbagai manfaat IT untuk kehidupan sehari
hari yang kita perlukan atau yang kita alami sendiri.
1.
Menambah
ilmu pengetahuan.
2.
Mempermudah
mengerjakan tugas sehari hari.
3.
Lebih
praktis
4.
Menambah
jaringan teman.
5.
Mendapatkan
informasi secara mudah dan gampang.
Dalam perkembangannya IT
juga berguna dalam kehidupan sehari hari untuk membuat orang lebih makmur dan
mendapatkan manfaat lain yang lebih berarti.
BAB 2 Perkembangan
Perangkat keras dan Perangkat Lunak
.
Pemahaman
Komponen Perangkat Keras
Input
Pengertian input adalah (masukkan) unit/perangkat
luar yang dipasang sesuai dengan slot atau portnya masing-masing untuk
memasukkan atau mentransfer data dari luar ke dalam mikroprosesor untuk di proses dan
diterjemahkan secara digital.
Perangkat input yang biasanya
memberi masukkan pada komputer seperti mouse dan keyboard. Dengan adanya sistem
input pada komputer ini membantu kita untuk melakukan pengetikan dan
menggerakkan kursor dengan lancar.
Proses
Proses pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkandalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia.
Kontrol
Sistem kendali atau sistem kontrol (control system) adalah suatu
alat (kumpulan alat) untuk mengendalikan, memerintah, dan mengatur keadaan dari
suatu sistem. Istilah sistem kendali ini dapat dipraktikkan secara manual untuk
mengendalikan stir mobil pada saat kita mengendarai/menyetir mobil kita,
misalnya, dengan menggunakan prinsip loloh balik. Dalam sistem yang otomatis, alat semacam ini sering dipakai
untuk peluru kendali sehingga peluru akan mencapai sasaran
yang diinginkan. Banyak contoh lain dalam bidang industri / instrumentasi dan dalam kehidupan kita sehari-hari di mana sistem ini
dipakai. Alat pendingin (AC) merupakan contoh yang
banyak kita jumpai yang menggunakan prinsip sistem kendali, karena suhu ruangan
dapat dikendalikan sehingga ruangan berada pada suhu yang kita inginkan.
Penyimpanan
Media Penyimpanan Data
adalah alat penyimpan data yang berfungsi sebagai alat / media
untuk menyimpan data dan program dimana data / program yang disimpan tersebut
bisa dibaca dan dibuka kembali untuk diproses kembali dikomputer atau
laptop.
Output
Pengertian output adalah (keluaran) unit/perangkat luar yang digunakan untuk menampilkan atau menerjemahkan data yang keluar dari mikroprosesor komputer. Perangkat luar yang menangkap output dari sistem mikroprosesor ini misalnya data digital yang ditampilkan pada layar monitor, atau data script yang dicetak pada printer dan sebagainya.
B. Pemahaman Komponen perangkat lunak
-Evolusi Perangkat Lunak
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai
pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai
ciri-ciri berorientasi batch, distribusi softwareterbatas
untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin
dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap
Kedua dimulai
pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan
perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah
banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada
perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer
Interaction).
Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real
time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat
mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber
kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan. Dalam
tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang beredar di pasaran
serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun 1970
sampai awal tahun 1990. Pengembangan perangkat lunak sudah maju
sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi,
sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan
akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu
komputer harganya sangat murah. Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah
sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada
masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun
2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan
perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat
dikendalikan oleh suatu sistem operasi. TIngkat kecerdasan dari perangkat
lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih
mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia. Terbukti dengan adanya
penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika
fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada
era ini. Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek
(OOP).
-Klasifikasi Perangkat Lunak
§ Sistem Operasi ( Operating System)
Sistem opersi
yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sisitem kerja yang mendasar
sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori,
penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai
penghubung antar manusia (User) dengan perangakat keras (Hardware) dan
perangkat lunak(Software) yang digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi
adalah :
§ Menyimapan program dan aksesnya.
§ Membagi tugas didalam CPU.
§ Mengalokasikan tugaas-tugas penting.
§ Merekam sumber-sumbeer data.
§ Mengatur memori sistem termasuk
penyimpanan, menghapus dan menadapatkan data.
§ Memeriksa kesalahan sistem.
§ Multitugas pada OS, Windows98, Windows XP,
Windows 7.
§ Memelihara keamanan sistem, khusus pada
jaringan yang membutuhkan kata sandi(password) dan penggunaan ID. Contoh sistem
operasi, misalnya: Disk Operating System(DOS), Microsoft Windows, Linux, dan
Unix.
1. Perangkat Lunak SI ST
1.1 Bahasa Pemrograman
Pengertian Bahasa Pemrograman. Bahasa Pemrograman (programming
language) adalah sebuah instruksi
standar untuk memerintah komputer agar
menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini
merupakan
suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk
mendefinisikan program komputer.
1.2 Sist Operasi
Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer
atau software yang bertugas untuk
melakukan kontrol dan manajemen perangkat
keras dan juga operasi-operasi dasarsistem, termasuk
menjalankan software aplikasi
seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk
mempermudah
kegiatan manusia.
1.3 Utility
Utility
adalah kegunaan. Program Utility adalah program-program (dalam hal ini pada
Windows) yang
memiliki kegunaan yang besar untuk berbagai macam kebutuhan. Program
Utility ada yang internal (bawaan
dari Windows), ada yang eksternal (program
lain)
2. Perangkat
Lunak Aplikasi
2.1
Aplikasi Office
Aplikasi Office adalah kumpulan aplikasi yang
digunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran tanpa melakukan sebuah
pengkodean/Coding dengan bahasa pemrograman terlebih dahulu.
2.2 Aplikasi Multimedia
Multimedia
dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk
menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik,
animasi, dan video
Beberapa
definisi menurut beberapa ahli:
- Kombinasi
dari komputer dan video (Rosch, 1996)
- Kombinasi
dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,1996)
- Kombinasi
dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat
berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban
dan kawan-kawan, 2002)
- Alat
yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan
Linda, 2001)
- Multimedia
dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan
komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video,
dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi,
dan berkomunikasi.
Aplikasi-aplikasi
internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik,
militer, medis, media massa, periklanan, dan berbagai sektor industri.
· World Wide Web (WWW). WWW adalah dokumen-dokumen internet
yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web
dibuat dengan menggunakan format HTML.
· E-Mail. E-Mail atau surat elektronik adalah
aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk
elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo!, Gmail,
bolehmail dan masih banyak lagi.
· Mailing List. Mailing list atau Milis adalah
aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi
dalam satu kelompok melalui e-mail.
· Newsgroup. Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk
berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum
newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas
topik-topik tertentu.
· Internet Relay Chat. IRC adalah aplikasi internet yang
digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal
dengan istilah chatting.
· File Transfer Protocol. FTP adalah aplikasi internet yang
digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP
biasa digunakan untuk download dan upload file.
· Telnet.Telnet adalah aplikasi internet yang
digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan
jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and Password ke komputer
tersebut.
· Gopher. Gopher adalah aplikasi yang digunakan
untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang didapat
hanya terbatas pada teks saja.
· Ping. Ping adalah Packet Internet Gopher
yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung
dengan komputer lain di internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar