OpenGL (Open Graphic Library) adalah spesifikasi standar yang
mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan
aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari
lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk
menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif
sederhana. Sebelum openGl tersedia,pengembang perangkat lunak harus
menulis kode grafis 3D untuk setiap platform sistem operasi dan perangkat keras
grafis yang berbeda. Namun,dengan OpenGL pengembang dapat membuat grafis dan
efek khusus yang akan muncul hampir identik dengan sistem operasi atau
perangkat keras yang mendukung OpenGL. Hal ini membuat pengembang game 3D dan
program 3D untuk lebih mudah bagi mereka membuat membuat game dan program
tersebut untuk berbagai platform.
OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas
maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal
ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on
Microsft Windows platform OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium
nirlaba yaitu Khronos Group.
OpenGL bukan satu-satunya aplikasi render, pesaing OpenGL directX (keluaran
microsoft) memiliki fungsi yang hampir sama, namun DirectX lebih banyak
digunakan oleh sebagian besar game developer karena beberapa fungsi DirectX
nampaknya lebih memudahkan game developer untuk membuat game. Tapi bukan
berarti tidak ada yang memakai OpenGL, tiap-tiap render memiliki kelebihan dan
kekurangannya tersendiri. OpenGL biasanya digunakan dengan bahasa pemrograman
C/C++.
Untuk Membuka Datanya:
Klik Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar