Berdasakan tabel diatas
akan dibuat tabel keputusan untuk menentukan main tenis atau tidak dengan
melihat keadaan Outlook , Temperatur, Humidity , dan windy.
Perhitungan Gain
Keterangan:
- S : himpunan
- A : atribut
- n : jumlah partisi atribut A
- | Si | : jumlah kasus pada partisi ke-i
- | S | : jumlah kasus dalam S
Menghitung Nilai Entropy
Keterangan:
S : himpunan kasus
A : fitur
n : jumlah partisi S
pi : proporsi dari Si terhadap S
Perincian algoritma ( langkah 1)
·
Menghitung
jumlah kasus seluruhnya, jumlah berkeputusan “Yes” maupun “No”.
·
Menghitung
Entropy dari semua kasus yg terbagi berdasarkan atribut “Outlook”, “Temperature”,
“Humidity’, “Windy”
·
Lakukan
penghitungan Gain utk setiap atributnya
Perhitungan 1
Pada table didapat “HUMIDITY” dengan
tingkat gain tertinggi maka akan dijadikan node akar. Humidity memiliki 2 nilai
yaitu “HIGH” dan “NORMAL”, karena “NORMAL” pasti bernilai “YES” maka tidak
perlu dihitung lagi. Maka perhitungan selanjutnya adalah “HUMIDITY HIGH”
Perhitungan 2
Pada table didapat “OUTLOOK” dengan
tingkat gain tertiggi maka akan dijadikan node cabang dari “HUMIDITY HIGH”.
“OUTLOOK” mempunyai 3 nilai yaitu “CLOUDY, “RAINY”, “SUNNY”. Karena “CLOUDY”
pasti bernilai “YES” dan “SUNNY” pasti bernilai “NO” maka tidak perlu dihitung.
Maka perhitungan selanjutnya adalah “RAINY”
Perhitungan 3
Pada
table didapat “WINDY” dengan tingkat gain tertiggi Maka “Windy” menjadi node cabang
dari atribut humidity yg bernilai “High” dan outlook yg bernilai “Rainy”. Berdasarkan
atribut “Windy” terdpt 2 nilai yaitu “TRUE” dan “FALSE”. Karena “TRUE”
sudah pasti “YES” dan “FALSE” sudah pasti “NO” maka tidak perlu dihitung lagi.
Maka pohon keputusannya adalah:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar